madin online
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Kuansing Mading Online, Dari Kuantan Singingi Menghiasi Dunia

Monday 9 May 2011

Perpisahan Siswa Kelas XII SMKN 2 Teluk Kuantan

Tarian Persembahan  ...

Pada tanggal 6 Mei 2011,gladi kotor untuk perpisahan pada tanggal 7 mei 2011 berjalan dengan lancar. Beberapa acara dan tarian  yang akan ditampilkan ini sebenarnya latihan hanya memerlukan waktu 1 minggu sebelum perpisahan. Dan bagi siswa yang mengisi acara/siswa yang ikut dalam bidang kesenian,semuanya tidur disekolah.sekitar 70 orang penari termasuk guru pembimbing yang tidur disekolah .ketika pukul 02.30 dini hari, anak kesenian semuanya telah bangun,dan langsung make up.selesai make up pukul 07.30 wib, sedangkan acara perpisahan dilaksanakan pada pukul 08.00 wib.Tepatnya pada tanggal 7 Mei 2011 pukul 08.00 wib. Dalam acara ini dihadiri oleh bapak ketua komite,bapak upt pendidikan, …dalam acara perpisahan ini dihibur dengan beberap hiburan penampilan seni..Acara perpisahan ini telah berjalan lancar dan bisa dikatakan sukses. yang ditampilkan anak kesenian  adalah tari somba carano,tari budaya,tari piring,tari serempak,kabaret,nyanyian,dan hiburan lainnya.

Diawali dengan Tari somba carano  sebagai pembukaan acara ,seperti kata orang kuansing khususnya taluk kuantan adalah “pelomak acara,tradisi kuansing”.”tari ini memeng sudah menjadi suatu tradisi yang telah turuntemurun bagi masyarakat kuansing.yang mana setiap ada acara dan pertemuan penting,tarian ini selalu di tampilkan.dan jika tarian ini tidak ditampilkan,maka suatu acara yang dilaksaanakan akan terasa kurang lengap karna tarian ini telah mendara daging dengan budaya kuansing”.itulah kata-kata dari salah seorang siswa yang sedang menyaksikan acara pada hari itu.
Tari budaya terdiri dari beberapa tarian budaya yang ditampilkan yaitu melayu,minang,batak,dan jawa.tarian budaya ini pertamanya adalah ide dari bapak kepala SMKN 2 Teluk Kunatan Kab Kuantan Singingi/Kuansing. setelah itu ibu Elsa Safrita memikirkan hal tersebut.dan beliau telah mempersiapkan semuanya.melihat tarian tersebut bapak kepala sekolah SMKN 2 Teluk Kuantan tersenyum bangga karna apa saja permintaan bapak dapat terpenuhi.
Selain tarian budaya,ada juga tarian piring yang berasal dari minang,meski demikian,hal ini tidak menjadi masalah bagi Bpk.Juma Apriso yang mana ialah yang telah mengajarkan tarian ini kepada siswa yang ikut tarian piring. Tarian ini hanya berjumlahkan 4 orng penari.”SMK N 2 belum pernah menampilkan sesuatu yang lebih menantang,maka dari itulah saya ingin menampilkan tarian ini”tutur kata Bpk Juma Aprison. Ternyata hal tersebut terbukti.semua penonton terkejud dengan tarian piring itu,yang membuat penonton sangat tertarik adalah ketika bpk juma sedang beraksi dengan kaca yang telah pecah berkeping2.bpk juma sudah sangat menguasai hal tersebut,sehingga ketika ia mulai meloncat2 diatas kaca ,suara dari penonton sangat ribut,waaww!! Sesuatu yang sangat amazing.!

 Ada juga ttarian yang dinamakan tarian serempak.tarian ini bisa dikatakan sebagai tari masal,karna tarian ini terdiri dari 20 lebih penari,tarian ini menggunakan property yang sangat sederhana,diantaranya adalah tudung petani,tampi beras dan lain sebagainya.tarian ini seperti menceritakan seorang petani yang sedang bekerja.dan endingnya semua penari seperti orang tertidur.dan penari kipas mengelilingi penari petani,penari kipas ibaratkan seekor capung yang terbang di tengah ladang dan mengelilingi petani yang sedang tertidur kelelahan.
Bukan hanya ada tarian saja,tapi ada juga kabaret  yang ditampilkan oleh siswa kelas I.kabaret ini hanya membutuhkan waktu 3 hari untuk mempersiapkan semuanya.kabaret ini bertemakan perpisahan dengan judul SELAMAT JALAN KAKAK.Kabaret ini merupakan suatu karya ciptaan ibu Elsa Safrita.  “ibu puas dengan penmpilan kalian,ibu telah lama ingin menampilkan karya ibu sendiri,sekarang kalian telah menampilkannya dengan baik.Memang somba carano juga sukses,tapi ibu bahagia karna kabaret kalian ,somba carano memeng telah dari dulu-dulunya, tapi kabaret kita ini hanya menggunakan waktu kurang lebih 3 hari.” Begitulah ungkapan ibu Elsa setelah penampilan kabaret tersebut.

Semua ekstra kesenian ditampilkan,begitu juga dengan ceerledance,tim ini juga ikut memeriahkan acara perpisahan dan juga dengan nyanyian-nyanyian yang dinyanyikan oleh siswa yang suaranya merdu.
 Acara demi acara telah dilewati, dan stiba saat nya acara salam-salaman.disinilah mulai terjadi tangisan dari siswa/I kelas 3.dengan diiringi lagu “kemesraan” siswa/i semakin sedih.setelah itu dilanjudkan dengan hiburan. Acara hiburan diisi dengan nyanyian-nyanyian dan dugem bersama. 

Meskipun panas,dan terik matahari semakin menyengat, hal itu tidak berpengaruh bagi siswa/i. mereka tetep dugem bersama. Hingga salah seorang  siswa kelas III berkata “meskipun panas kami tetep akan goyang bersama,karna kami tidak akan tau kapan kami bisa seperti ini lagi.” Dan acara perpisahan selesai pada pukul 15.00 wib.
            

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Perpisahan Siswa Kelas XII SMKN 2 Teluk Kuantan"

Post a Comment